Selasa, 18 April 2017

Cara menjadikan Flashdisk sebagai Drivers untuk install windows

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit tips bagaimana cara mengubah Floppy Disk menjadi drivers pengganti CD/DVD untuk menginstal ulang komputer. Sebagaimana kita ketahui biasanya menginstal ulang laptop, computer memerlukan CD/DVD namun apabila Floppy Disk Laptop atau Komputer anda bermasalah atau tidak mempunya Floppy Disk, anda bisa menggunakan Flashdisk yang anda punya menjadi Drivers Windows. Mau tau caranya langsung saja kita ke TKP :-D

  1. Siapkan Dulu Flasdisk Minimal berkapasitas 8 Gb.
  2. Flashdisk yang anda sediakan harus Kosong, jika ada data yang tersimpat di Flashdisk, sebaiknya anda backup atau salin terlebih dahulu ke laptop, computer, atau perangkat lain yang biasa anda gunakan untuk menyimpan data.
  3. Siapkan Windows dalam bentuk file ISO Image. Pada postingan ini saya tidak akan membahas dimana kita mendapat Drivers Windows dalam bentuk file ISO atau bagaimana cara membuatnya.
  4. Download Rufus USB-tool disini
  5. Rufus USB-tool adalah aplikasi portable yang bisa didownload secara gratis
  6. Setelah anda berhasil mendownload Rufus USB-tool silahkan matikan terlebih dahulu antivirus di Komputer anda karena beberapa antivirus membaca Rufus USB-tool sebagai virus,
  7. Buka folder tempat anda menyimpan hasil uduhan
  8. Colok Flashdisk anda terlebih dahulu ke laptop
  9. Klik dua kali Rufus 2.12.exe yang sudah anda download
  10. Agar lebih memudahkan anda bekerja setting terlebih dahulu pengaturan bahasa di aplikasi Rufus USB-tool dengan cara melakukan klik pada panah bawah yang terletak di pojok atas kanan aplikasi.
  11. Rubah Sistem Aplikasi Menjadi NTFS Jika sebelumnya Sistem Aplikasi Flash disk anda sudah NTFS itu berarti anda sudah tidak perlu lagi merubahnya.
  12. Klik Logo Segitiga yang ada disamping Opsi Format untuk membuka Opsi Lanjutan
  13. Lakukan centang kotak pada Opsi Lanjutan seperti yang ada pada gambar.
  14. Ubah FreeDOS Menjadi ISO Image
  15. Klik Gambar Logo disk yang terdapat disamping ISO Image Kemudian Pilih Windows yang berbentuk File ISO Image yang sudah anda persiapkan sebelumnya dan klik open
  16. Kilik tombol mulai dan akan muncul Sebuah Peringatan klik OK tunggu hingga proses selesai.
  17. Setelah selesai anda sudah bisa menggunakan Flashdisk yang anda punya untuk menginstal ulang Laptop atau Komputer anda.
Demikian tutor kali ini semoga bermanfaat dan bisa menambah seditik wawasan anda tentang bagaimana Cara menjadikan Flashdisk menjadi Drivers untuk install windows.

Previous Post
Next Post

5 komentar:

  1. Hello my friend.
    A beautiful sunny day.
    Good Wednesday.
    Teb.

    BalasHapus
  2. Hello my friend.
    A pleasant day on Friday
    Teb.

    BalasHapus
  3. kunjungan lagi setelah lama absen

    BalasHapus
  4. Hello my dear friend.
    An excellent Sunday.
    Teb.

    BalasHapus
  5. Hello my friend.
    Pleasant Tuesday.
    Beautiful day.
    Teb.

    BalasHapus