Minggu, 23 Juli 2017

Membuat footer dan daftar isi otomatis di microsoft word


Selamat malam sobat blogger kali ini saya bakalan memberikan trik bagaimana membuat Daftar isi otomatis tanpa mengetik di Microsoft office word. Hal seperti ini sering kita lakukan saat mebuat skripsi, makalah, karya ilmiah dan sebagainya. Buat anda yang ingin belajar bagaimana cara meembuatnya langsung saja ke TKP :D.

Langkah pertama siapkan data yang kita akan buat daftar isi nah kali ini saya akan mencoba memberikan contoh dengan File dokumen KTSP SD Inpres Be’lang.

Buat halaman terlebih dahulu, bisanya halaman daftar pustaka daftar isi lembar pengesahan itu ditandai dengan angka romawi (I,ii,iii,dst) dan halaman BAB I, BAB II, BAB III dst ditandai dengan angka.

Langkah Pertama yang kita harus lakukan yaitu dengan memastikan kita telah membuat halaman di footer kita dengan cara Klik Insert kemudian klik Footer pilih banded (lihat gambar)

Setelah footer terbuka pastikan pada tab atas Microsoft word anda berada pada design, kemudian klik Page Number dan klik Format Page Number untuk merubah jenis Number formatnya. (lihat gambar)

Pada Kolom Number format pilih angka romawi kemudian Klik O.K ( Lihat Gambar)

Selanjutnya anda tinggal merubah format font border ada dengan cara blok border yang telah kita buat, klik Home kemudian pada styles klik No Space (lihat gambar)

Nah sekarang halaman dengan angka romawi sudah selesai kita buat. Sekarang kita akan membuat halaman dengan angka normal. Nah yang jadi masalah banyak diantara kita tidak mengetahui cara menggabungkan halaman dengan angka romawi (I,ii,iii,dst.) dan halaman dengan normal (1,2,3,dst.) namun jangan khawatir setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Hehehehe…

Pada page terakhir yang telah kita buat footer klik layout klik panah kiri yang terletak pada sudut kanan bawah Page Setup.

Ubah Aply to: Whole Document menjadi This Point Forward kemudian klik OK nah secara otomatis akan terbuka page baru dengan footer -section 2. (lihat gambar)

Nah sekarang anda tingal merubah footernya dengan langkah langkah seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Sebelum tekan O.K ubah dulu Number formatnya menjadi 1,2,3… kemudian pada Page Numbering klik start at: dan rubah menjadi angka 1 agar halamannya bermula dengan angka 1 (lihat gambar)

Sekarang anda tinggal mengatur Isi BAB I agar berada pada halaman 1

Baiklah sekarang kita masuk pada pembahasan selanjutnya yaitu mebuat daftar isi otomatis

Blok BAB I klik Home Klik panah bawah pada styles

Klik Creat a style untuk mebuat styles baru

Ubah Style1 Menjadi Bab kemudian klik OK

Blok Latar belakang kemudian buat styles baru dengan judul sub bab caranya sama seperti langkah diatas

Sekarang kita sudah mempunyai dua styles baru yaitu BAB dan Sub BAB

Blok Halaman Pengesahan kemudian Pada styles klik styles BAB yang sudah kita buat tadi, begitu juga dengan Kata Pengantar, Daftar Isi, BAB II, III, dst.

Langkah Selanjutnya Kita blok satu persatu Sub Bab yang ada pada setiap Bab kemudian pada stylesnya klik Style yang Sub Bab yang sudah kita Buat tadi.

Setelah Semuanya sudah anda blok dengan benar langkah selanjutnya kita menuju ke page daftar isi yang masih kosong Klik References Kemudian Klik Table of Contens selanjutnya klik costum table of Contens…

Pada Show Levels ubah menjadi angka 1 Kemudian Klik Options. Pada bagian Table of Contens Options Hapus angka 1 yang berada pada Heading 1

Masih pada bagian Pada bagian Table of Contens Options Cari BAB isi dengan angka 1 kemudian pada bagian SUB BAB kamu isi dengan Angka 2 Klik OK pada Table of Contens Options kemudian Klik OK juga pada Table of Contens.

Nah Sekarang sudah jadi dan anda tinggal menagatur tabnya agar halaman dan yang lainya sejajar. (lihat Gambar)

Selain Lebih rapi kelebihan kelebihan daftar isi otomatis yang kita buat memudahkan and ajika ingin mengedir isi conten yang anda buat. Cukup dengan membuka daftar isi cari sub babnya tekan tombol Ctrl+klik Subbab yang akan kita buka maka secara otomatis kita akan menuju subbab tersebut tanpa harus mencari satu persatu pada tiap page.

Tutor ini saya buat menggunakan Microsoft Office 2016. Namun cara membuat daftar isi otomatis seperti ini juga bisa anda lakukan di Microsoft Office Word 2007, 2010, dan 2013.

Demikian Tutorial kali ini Semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.
Previous Post
Next Post

0 Comments: